Literasi Center PW LTN NU Jatim Gelar PKL NU Zona 7 Tapal Kuda di Bondowoso

 

(Suasana Pembukaan PKL NU Zona 7 Tapal Kuda oleh Literacy Center PW LTN NU Jawa Timur bersama Panitia Lokal PC LTN NU Bondowoso)
Foto : Istimewa

WartaNU.com - Literacy Center Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Jawa Timur menggelar Pelatihan Kader Literasi Nahdlatul Ulama (PKL NU) untuk zona 7 Tapal Kuda di Bondowoso, Sabtu (29/06/2024).

Kegiatan PKL NU tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurussalam Tamanan Kabupaten Bondowoso selama 3 hari.

Ketua Panitia lokal dari PC LTN NU Bondowoso, Zaynur Roziqin mengungkapkan suatu kehormatan bagi PC LTN NU Bondowoso bisa menjadi tuan rumah dari kegiatan PKL NU zona 7 Tapal Kuda.

"Suatu kesempatan baik bagi kami PC LTN NU Bondowoso menjadi pelaksana teknis kegiatan PKL NU zona 7 Tapal Kuda ini," katanya.

Zen sapaan akrab Bendahara Umum PC LTN NU Bondowoso ini juga menjelaskan bahwa peserta PKL NU diikuti oleh 55 peserta dari wilayah Tapal Kuda.

"Alhamdulillah target peserta dan pelaksanaan sesuai dengan SOP yang ditetapkan oleh Literacy Center PW LTN NU Jawa Timur," jelasnya.

Ketua PC LTN NU Bondowoso, Mohammad Hairul menegaskan bahwa sebagai panitia lokal tetap menjaga marwah kegiatan PKL NU yang pesertanya sangat antusias.

"Kami tetap menjaga marwah kegiatan PKL NU, bahwa kegiatan ini tetap mengutamakan kualitas agar output dari kegiatan bisa melahirkan penulis handal," ucapnya.

Pria berkacamata yang akrab disapa Hairul ini juga mengungkapkan bahwa peserta diharapkan dapat menulis naskah biografi tokoh.

"Output kegiatan ini adalah terkumpulnya naskah biografi tokoh yang akan diterbitkan dalam bentuk buku. Selain itu, diharapkan seluruh peserta bisa menjadi penulis yang produktif sebagai lahan berkhidmah pada NU," harapnya.

Sementara Kepala Literacy Center PW LTN NU Jawa Timur, Mukani, mengapresiasi kinerja panitia lokal yang sudah menjalankan tugas sesuai dengan SOP.

Ia mengungkapkan peserta yang mengikuti PKL NU zona 7 Tapal Kuda terdiri dari delegasi PC LTN NU se-Tapal Kuda, perguruan tinggi, lembaga dan banom NU di Kabupaten Bondowoso.

Mukani juga menjelaskan peserta PKL NU zona 7 Tapal Kuda yang dilaksanakan di Kabupaten Bondowoso sengaja dibatasi.

"Memang kami batasi 55 orang saja agar pelaksanaan pendampingan menulis oleh tim trainer bisa tetap efektif," ujarnya.

Alasan tersebut menurut Mukani sesuai dengan target yang diinginkan oleh Literacy Center PW LTN NU Jawa Timur setelah berakhirnya kegiatan PKL NU.

"Targetnya semua peserta nanti bisa menulis biografi kiai atau tokoh NU lokal yang sudah meninggal dan banyak berjasa bagi NU," pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan PKL NU zona 7 Tapal Kuda yang dilaksanakan oleh Literacy Center PW LTN NU Jawa Timur bersama PC LTN NU Bondowoso ini menghadirkan 3 narasumber handal.

Mereka adalah Dr. Nailatin Fauziyah, M.Psi, M.Si dari UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. Rijal Mumazziq Z, M.Hi Rektor Universitas Falah Suniyah Kencong Jember dan ada Ayung Notonegoro, M.Ag.

Selain narasumber handal, Literacy Center PW LTN NU Jawa Timur juga menyiapkan Tim Fasilitator yang bertugas melakukan pendampingan secara intensif.***


Penulis : Muhlas

Editor : Gufron

Posting Komentar

Berikan Komentar Untuk Artikel ini?

Lebih baru Lebih lama

IKLAN